Minggu, 18 September 2016

Riview Manajemen Jaringan dan Server 1

Nama                                       : I Kadek Teo Prayoga Kartika
NIM                                        : 1504505086
Universitas/Fakultas/Jurusan   : Udayana/Teknik/Teknologi Informasi
Dosen                                      : I Putu Agus Eka Pratama, S.T, M.T

Review Jaringan Komputer

1. Definisi
Jaringan Komputer adalah sejumlah perangkat komputer yang berhubungan dapat berkomunikasi satu dengan lainnya, perangkat komputer yang dimaksud bisa saja komputer, laptop, telepon genggam, printer dan adanya perangkat penghubung seperti switch, hub, modem, router.

Jadi, Jaringan komputer adalah hubungan antara dua atau lebih komputer yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Dikatakan terkoneksi apabila dua atau lebih komputer dapat saling bertukar data/informasi.

2. Syarat
Agar dapat dikatakan atau disebut sebagai jaringan harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:
  • Terdapat data yang di pertukarkan satu sama lain. selain data juga terdapat konten (teks, multimedia) maupun informasi (hasil pengolahan data).
  • Terdapat pemakaian secara bersama-sama (sharing) terhadap perangkat keras(hardware) dan perangkat lunak (software).
  • Minimal terdapat dua buah perangkat/komputer yang terhubung. Hubungan ini dapat dapat menggunakan sarana kabel (wired) maupun nirkabel (wireless).
  • Terdapat pengguna di dalamnya yang berinteraksi dengan pengguna lainnya maupun terhadap layanan dan penyedia layanan.

3. Tiga Pemodelan Layer
  • OSI 7 layer.

Merupakan permodelan yang digunakan pertama kali dalam jaringan komputer serta ditetapkan oleh ISO (International Standard Organization). Permodelan layer OSI terdapat tujuh buah layer di dalamnya yaitu: Physical Layer, Data Link Layer, Network Layer, Transport Layer, Session Layer, Presentation Layer, Application Layer. 
Layer tersebut diatas memiliki fungsiny masing-masing dapat dilihat pada gambar berikut:


  • TCP/IP 4 layer.

Permodelan layer TCP/IP lebih simpel dan ringkas dengan hanya empat layer saja di dalamnya. Permodelan layer TCP/IP menggunakan konsep paket protokol TCP/IP yang memiliki empat buah sub protokol di dalamnya, yang kemudian menjadi keempat layer pada permodelan layer TCP/IP ini. Macam-macam keempat layer tersebut sebagai gambar berikut:


catatan: untuk layer Network Interface diganti dengan Data Link Layer
  •  TCP/IP 5 layer.

Permodelan layer TCP/IP secara umum, pada permodelan layer TCP/IP versi Forouzan terdapat penambahan satu layer di lapisan terbawah, yaitu Physical Layer. Kelima layer pada pemodelan layer TCP/IP versi Forouzan tersebut (dari bawah ke atas) meliputi:
Physical layer, Data Link layer, Network layer, Transport layer, Application layer. masing-masing layer tersebut memiliki fungsinya masing-masing seperti tampak pada gambar berikut:



4. Nilai Lebih TCP/IP 5 Layer dibandingkan dengan TCP/IP 4 Layer dan OSI 7 Layer
  • Kelebihan permodelan ini adalah dilibatkannya perangkat fisik sebagai sebuah layer tersendiri bernama Physical Layer dan berada pada lapisan terbawah (dibawah Data Link Layer)
  • TCP/IP 5 layer banyak diterapkan pada perangkat-perangkat elektronik.
  • Membantu Vendor/industri elektronik untuk dapat mengembangkan teknologi dengan adanya Physical layer


DAFTAR PUSTAKA
Agus Eka Pratama, I Putu. 2014. Handbook Jaringan Komputer. Bandung : Informatika
Fohrouzan, Behrouz A. 2007, Data Communications and Networking, 4th Edition. New York Interactive Composition Corporation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar