Senin, 26 September 2016

Manajemen Jaringan dan Server 3


Nama                                       : I Kadek Teo Prayoga Kartika

NIM                                        : 1504505086

Universitas/Fakultas/Jurusan   : Udayana/Teknik/Teknologi Informasi

Dosen                                      : I Putu Agus Eka Pratama, S.T, M.T



INSTALL KALI LINUX (kali-linux-2016.2-amd64)
A. Kali Linux Dual Boot dengan Windows

Kali Linux adalah salah satu distribusi Linux tingkat lanjut untuk Penetration Testing dan audit keamanan. Menginstalll Kali Linux didalam installasi Windows bisa sangat berguna. Namun, Anda perlu berhati-hati selama proses setup. Pertama, pastikan Anda telah melakukan backup data penting pada installasi Windows Anda. Karena Anda akan memodifikasi hardisk Anda, Anda akan menyimpan backup ini pada media eksternal. Setelah Anda selesai backup, kami sarankan Anda membaca dengan teliti Kali Linux Hard Disk Installl, yang menjelaskan prosedur normal untuk dasar installlasi Kali Linux.

1. Persiapan Installasi
Sebelum kita memulai tahap installl Linux ada baiknya kita membuat konsep yang akan kita lakukan dalam proses awal hingga selesai installasi, tujuannya adalah agar meminimalisir kesalahan yang dilakukan. Berikut merupakan tahapan yang di Persiapkan:
a. Mempartisi hardisk
Untuk dapat mempartisi hardisk pertama login Windows Anda, setelah itu klik kanan pada ikon Windows bawah pojok kiri, lalu pilih Disk Partition. Seperti gambar dibawah berikut:

Maka akan terbuka Aplikasi dari Disk Management, setelah itu bagilah hardisk Anda untuk menempatkan program Linux nanti. *berhati-hatilah saat mempartisi hardisk!

b. Mempersiapkan ISO Kali Linux dan Rufus
Sekarang adalah tahap mempersiapkan ISO kali Linux dan Rufus, apakah ISO Kali Linux dan Rufus itu? Nah, ISO Kali Linux merupakan installler dari Kali Linux yang berformat ISO ini berguna sebagai program yang akan kita proses nanti. Dapat didownload DISINI!.

Lalu Rufus itu apa? Rufus adalah aplikasi bisa portable atau lainnya yang dapat membuat dokumen berformat ISO dan lainnya menjadi terbaca oleh BIOS. Dapat didownload DISINI!  Nah, kedua program ini saling bekerja sama untuk tahap installasi.
Setelah kedua program didownload, pertama bukalah program RUFUS dengan flashdisk (min.4gb) sudah terpasang/tercolok pada PC maupun laptop Anda, saat Anda membuka aplikasi RUFUS terdapat banyak pilihan disana, langsung saja pilih pilihan ‘FREE DOS’ menjadi ‘ISO IMAGE’, setelah itu pilih gambar disebelahnya ISO IMAGE yang telah Anda ganti tadi akan disuru memilih dokumen ISO, nah pilih KALIlinux.ISO yang telah Anda download sebelumnya lalu pilih tombol ‘MULAI/START’ pada rufus. Seperti gambar berikut:


2. Tahap Installasi
Sekarang jika tahap 1 atau Persiapan sudah Anda lalui maka ini adalah tahap yang Anda tunggu yaitu Tahap Installasi Kali Linux. Studi kasus kali ini menggunakan laptop ASUS.
  • Pertama yang Anda lakukan adalah masukan flashdisk yang telah dIPadukan antara rufus dengan Kali Linux (Tahap Persiapan). Lalu restart Windows Anda, pada saat bersamaan tekan lah tombol ESC pada keyboard laptop Anda.
Maka akan muncul pilihan, pilihlah nama dari flashdisk Anda (yang tidak berisi kata UEFI). Seperti gambar berikut:


  • Setelah memilih flashdisk yang tercolok pada laptop Anda pada proses boot menu, maka akan secara otomatis diarahkan pada menu installl Kali Linux seperti contoh berikut: pilihlah graphical interface


  • Setelah memilih graphical interface maka akan terdapat beberapa permintaan dari sistem yang harus Anda isi yang berguna sebagai identitas pengguna nantinya. Berikut gambar pilihan yang akan muncul pada proses intalasi ini:

Ada beberapa tahapan installasi yang perlu dIPerhatikan yaitu sebagai berikut:

Jika Anda mengalami kendala seperti gambar dibawah

Solusinya adalah silahkan lepas dan pasang kembali flasdisk Anda lalu tekan yes lalu Continue. Jika Anda mengalami kendala pada gambar dibawah



Solusinya adalah pilih pilihan ‘MANUAL’ lalu continue, setelah itu pilih FREE SPACE tekan continue. (jika tidak ada FREE SPACE, baca pada tahapan persiapan dalam artikel ini)

  • Setelah installasi selesai atau dalam tahap akhir, silahkan lepas flasdisk yang terpasang pada laptop Anda sebelumnya , setelah terlepas pilih continue tunggu beberapa saat maka Anda akan masuk pada halaman awal Kali Linux yaitu login gunakanlah username: root , password: toor. Maka Tahap Installl Linux Selesai

B. INSTALL ETHERAPE DAN WIRESHARK DENGAN TERMINAL

Berikut merupakan tahapan dimana kita menginstall Etherape dan Wireshark sebelum memulai tahap installasi ada baiknya kita mengetahui sedikit informasi tentang apliakasi yang akan kita install, sebagai berikut:
1. Etherape
Etherape adalah sebuah monitor jaringan grafis untuk Unix model setelah etherman. Menampilkan link layer, IP dan TCP mode, ini akan menampilkan aktivitas jaringan grafis.
  • Kegunaan Etherape
No.
Fungsi
1.
etherape ini bisa difungsikan untuk membaca file interpreter file output dari aplikasi tcpdump
2.
alat yang berfungsi untuk men-scan jaringan atau untuk membantu menganalisis jaringan

2. Wireshark
Wireshark adalah salah satu dari sekian banyak tool Network Analyzer yang banyak digunakan oleh Network Administrator untuk menganalisa kinerja jaringannya dan mengontrol lalu lintas data di jaringan yang Anda kelola. Wireshark menggunakan interface yang menggunakan Graphical User Interface (GUI).
  • Kagunaan Wireshark
No.
Fungsi
1.
Wireshark mampu menangkap paket-paket data atau informasi yang berseliweran dalam jaringan.
2.
Program ini juga sering digunakan oleh chatters untuk mengetahui ip korban maupun para chatter lainnya lewat typingan room.
3.
Wireshark merupakan software untuk melakukan analisa lalu-lintas jaringan computer


INSTALLL ETHERAPE dengan TERMINAL
Koneksikanlah dengan Internet sebelum memulai installl. Disini kita akan mencoba menginstalll Etherape dengan terminal Kali Linux, pertama buka Aplikasi Terminal Kali (Ctrl+Alt+T). Setelah itu ketikkan pada terminal sebagai berikut:

Sudo apt-get installl etherape


Jika perintah tersebut lancar maka akan tampak sebagai berikut:

Jika terjadi error atau kesalahan atau perintah tidak dapat dijalankan cobalah perintah berikut ini:

Sudo apt-get update


Jika sudah ter-update jalankan kembali perintah ‘sudo apt-get etherape’. Maka proses penginstallan etherape akan lancar. Lalu bukalah aplikasi etherape melalui perintah berikut:

Sudo etherape


Pengisian perintah diatas tampak seperti gambar berikut:



Jika perintah diatas sudah dieksekusi maka dalam terminal akan memunculkan aplikasi etherape seperti gambar berikut:




INSTALLL WIRESHARK dengan TERMINAL
Koneksikanlah dengan Internet sebelum memulai installl. Disini kita akan mencoba menginstalll Wireshark dengan terminal Kali Linux, pertama buka Aplikasi Terminal Kali (Ctrl+Alt+T). Setelah itu ketikkan pada terminal sebagai berikut:

Sudo apt-get installl wireshark

Jika perintah tersebut lancar maka akan tampak sebagai berikut:

Jika terjadi error atau kesalahan atau perintah tidak dapat dijalankan cobalah perintah berikut ini:

Sudo apt-get update


Jika sudah ter-update jalankan kembali perintah ‘sudo apt-get etherape’. Maka proses penginstallan etherape akan lancar. Lalu bukalah aplikasi WireShark melalui perintah berikut:

Sudo wireshark


Pengisian perintah diatas tampak seperti gambar berikut:

Jika perintah diatas sudah dieksekusi maka dalam terminal akan memunculkan aplikasi WireShark seperti gambar berikut:



DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar