Minggu, 18 September 2016

Review Manajemen Jaringan dan Server 2

Nama                                       : I Kadek Teo Prayoga Kartika
NIM                                        : 1504505086
Universitas/Fakultas/Jurusan   : Udayana/Teknik/Teknologi Informasi
Dosen                                      : I Putu Agus Eka Pratama, S.T, M.T

Review 
1. Protokol
A. Definisi
Protokol merupakan aturan dasar yang mengatur proses komunikasi, pengiriman dan penerimaan pesan untuk mengkoordinasikan semua komputer yang terhubung di dalam jaringan sehingga memudahkan dalam proses komunikasi, transfer data dan koneksi. Jadi, protokol berada di semua layer pada permodelan layer di dalam jaringan komputer dan memiliki fungsi masing-masing.

B. Fungsi
Protokol memberikan banyak manfaat di dalam jaringan komputer baik dalam bentuk layanan, integrasi dengan aplikasi. Berikut merupakan fungsi protokol pada jaringan komputer:
  • Digunakan untuk membantu proses Flow Control pada jaringan komputer
  • Digunakan untuk membantu proses Error Control pada jaringan komputer
  • Digunakan untuk membantu proses multiplexing pada jaringan komputer.
  • Menjadi dasar didalam pemodelan layer pada jaringan komputer

C. Contoh

tabel contoh protokol
Contoh Protokol
Fungsi
1.    HTTP (Hypertext Transfer Protocol dan HTTPS (Hiper Text Transfer Protocol Secure)
untuk layanan berbasis web.
2.    SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
untuk layanan pengiriman email
3.    FTP (File Transfer Protocol)
Untuk Layanan pengiriman (unggah dan unduh) file
4.    TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol)
sebagai pasangan protokol yang umum digunakan di Internet.


2. Application Layer
Application layer memiliki sejumlah fungsi penting didalam jaringan komputer. Beberapa fungsi penting tersebut antara lain sebagai berikut.
  • Mendefinisikan spesifikasi aplikasi untuk dapat berkomunikasi didalam jaringan komputer.
  • Sebagai alamat didalam pengaksesan jaringan.

Pada Apllication Layer, paket data disebut dengan data. Pada layer ini terdapat protokol yang umum digunakan yang masuk dalam bagian sub protokol lapisan aplikasi antara lain SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), POP3 (Post Office Protocol version 3), IMAP (Internet Message Access Protocol), FTP (File Transfer Protocol), HTTP (Hyper Text Transfer Protocol), HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure), Telnet (Telecommunications Network), dan lain-lain.

3. OTT (Over The Top)
Over the Top merupakan Teknologi informasi dibidang pendekatan dan permodelan dalam bentuk aplikasi untuk video dan audio streaming, messaging (pesan instan), dan jejaring sosial, memanfaatkan koneksi internet dari provider (dalam hal ini operator/telco dan berbasis mobile. Over The Top (OTT) bejalan di Application Layer, layer teratas pada pemodelan layerTPC/IP maupun OSI. Contoh OTT (Over The Top) seperti Line, Kakao Talk, WhatsApp, Youtube mobile, Facebook mobil.

Dalam OTT Service, memiliki Fungsi sebagai berikut:


  • Layanan streaming audio
  • Video secara online
  • Layanan jejaring social
  • Layanan pesan instan (messaging)

  • Contoh-Contoh Aplikasi dengan OTT:
    Social Network dan Social Media (Jejaring Sosial dan Media Sosial) Dengan menggunakan aplikasi dan layanan ini, para pengguna dapat saling berinteraksi, berdiskusi, berbagi data, informasi, dan file di dalamnya. Seperti: Line, Facebook, Twitter.
    Messaging (Pesan Instan) Adanya aplikasi-aplikasi pesan singkat secara online ini, menjadikan kemudahan di dalam berkomunikasi baik dua arah maupun secara massal (di dalam suatu ruang public online). Seperti: WhatsApp, Facebook Messenger.

    4. P2P (Peer to Peer)
    Peer to Peer adalah adalah suatu teknologi sharing (pemakaian bersama) resource dan service antara satu komputer dan komputer yang lain. pengertian yang lebih tepat mengenai peer to peer (p2p) adalah sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time).

    Fungsi
    Komputer pada jaringan peer berfungsi sebagai client dan juga sebagai server Jaringan tipe ini disebut dengan dedicated server karena berperan menjadi server satu-satunya yang menyediakan layanan berupa : akses Internet, file, email, dan lain-lain.

    Contoh
    Misalnya pada warnet yang memiliki banyak komputer tetapi hanya punya satu printer. Untuk dapat memanfaatkan File Sharing, Printer Sharing maka digunakanlah jaringan peer to peer. Jadi, server yang punya printer bisa terima cetak dokumen dari mana saja. Sementara itu yang punya harddisk besar, bisa terima menyimpan file. Tiap komputer yang akan memakai layanan tersebut, harus menjadi client.



    DAFTAR PUSTAKA
    Agus Eka Pratama, I Putu. 2014. Handbook Jaringan Komputer. Bandung : Informatika
    Fohrouzan, Behrouz A. 2007, Data Communications and Networking, 4th Edition. New York Interactive Composition Corporation

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar